Penjelasan PBB Green Pramuka City

Penjelasan PBB Green Pramuka City 1

INFORMASI

Jakarta, 23 Januari 2019

Perihal   : Penjelasan PBB

Sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) pasal 10 dan atau pasal 11 mengenai Pajak-pajak dan Biaya-Biaya, bahwa pihak kedua setuju akan membayar kembali kewajiban PBB Satuan Rumah Susun kepada pihak pertama, jika Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Induk yang telah dibayarkan pihak pertama ke Negara atau Pemerintah walaupun SPPT Satuan Rumah Susun belum ada atau belum dapat dipecah dan dibalik nama atas nama pihak kedua, dan hal itu bukan menjadi halangan pihak pertama untuk menagih pihak kedua.

Data di tahun 2017, sebanyak 3565 unit sudah membayarkan pajaknya. 

Mengapa pembayaran pajak sebelum tahun 2019 harus dibayarkan ke Pengelola?

Karena SPPT baru pecah di akhir tahun 2018, sehingga di tahun-tahun sebelumnya (dari 2013 s/d 2018), Pengelola membayarkan terlebih dahulu PBB untuk seluruh kawasan Green Pramuka City. Sehingga warga membayar kembali PBB yang sudah ditalangi kepada Pengelola.

Mengapa saya harus membayar pajak, meskipun belum menerima SPPT?

Walaupun SPPT belum pecah, sesuai dengan UU No. 12 Tahun 1985 jo UU No. 12 th 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan dinyatakan bahwa PBB dikenakan pada objek pajak berupa tanah dan atau bangunan yang didasarkan atas azas kenikmatan dan manfaat, dan dibayar tiap tahun. Oleh karena itu, setiap subjek yang menikmati dan menggunakan manfaat dari objek pajak wajib untuk membayar PBB.

Penjelasan di atas disampaikan oleh pihak petugas pajak UPPRD Cempaka Putih pada saat Sosialisasi PBB yang diadakan oleh Pengelola pada tanggal 13 November 2018 di Lobby Tower Chrysant (samping Lotteria).

Kebijakan tarif PBB yang ditagihkan sebelum SPPT PBB 2018 per unit terbit adalah 0,1%.

Kapan saya menerima SPPT?

Pemilik unit dapat menerima SPPT PBB asli tahun 2018 setelah melakukan pelunasan PBB dari tahun sejak serah terima unit.

Apakah perhitungan penagihan pajak kepada pemilik sudah sesuai aturan?

Setiap perhitungan pajak yang ditagihkan kepada pemilik unit, sudah melalui persetujuan dan pendampingan oleh UPPRD.

Pengelola bersedia membuka diskusi dengan penghuni tentang masalah ini. Jika ingin informasi lebih lanjut silahkan dapat menghubungi tim Customer Service yang siap melayani Anda, dengan menghubungi nomor 021-29624888 untuk DP 1, dan 021-21471010 untuk  DP 2.

Ttd.

Pengelola Green Pramuka City

Penjelasan PBB Green Pramuka City 2
Tag:

2 tanggapan pada “Penjelasan PBB Green Pramuka City”

  1. Wulan sri lembayung

    berapa ya berasan pajak pbb yg harus di bayar untuk apartment tipe studio (tower chrysant) ?? Balas ya

    1. alin.greenpramukacity@gmail.com

      Salam Ibu Wulan Sri Lembayung, untuk PBB Unit Apartemen Green pramuka City per-unit sudah di pecah semua.. besaran PPB nya sekitar Rp 600 rb-an

      Demikian kami lampirkan salah satu bukti PPB yang diterbitkan
      PBB Unit Apartemen Green Pramuka City

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.